Tuesday, December 16, 2014

Pembelajaran Teori Humanistik Menurut Fungsi Pendidikan

oleh : Afidatun Nafiah

            Salah satu peran yang harus dilakukan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam teori humanistic adalah fungsi pendidik. Peran pendidik dalam pendekatan humanistic adalah sebagai fasilitator belajar. Pendidik adalah individu yang memiliki tugas membimbing belajar sebagi model pemecahan masalah, sebagai katalisator dalam memperkasai proses belajar, sebagai pembantu dalam proses belajar, sebagai teman peserta didik dalam mengkaji dan memecahkan masalah. Sementara itu tanggung jawab belajar dan pemilihan kegiatan belajar adalah tetap pada diri peserta didik itu sendiri.
            Ada 5 peran yang harus dilakukan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar humanistic diantaranya yaitu pengaturan lingkungan. Sebelum belajar dimulai, lingkungan fisik hendaknya ditata sehingga tampak menyenangkan misalnya meja dan kursi disusun dalam bentuk tapal kuda, lingkaran kecil, setengah lingkaran, dan sejenisnya. Dan apabila letak papan tulis atau letak OHP kurang tepat akan lebih baik ditata lebih dahulu. Demikian pula apabila udara terasa pengap atau panas perlu diperhatikan ventilasi udara agar peserta didik meras senang.
            Buku, jurnal, majalah, surat kabar atau media lain yang hendak dijadikan sebagai sumber belajar belajar perlu ditempatkan didekat kegiatan peserta didik. Penempatan seperti ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat peserta didik dalam mengaksese sumber-sumber belajar. Kekayaan dan kemudahan serta kecepatan memperoleh sumber belajar itu akan memiliki dampak positif terhadap semangat belajar peserta didik.

0 komentar:

Post a Comment