oleh : Afidatun Nafiah
Lingkungan belajar dapat mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik. Di dalam aktivitas belajar kelompok lingkungan fisik memerlukan kondisi yang menyenangkan seperti temperature, ventilasi udara, ruang istirahat, tempat duduk, lampu penerangan dan sebagainya perlu diperhatikan dalam menata ruang belajar. Penataan warna ruangan kelas misalnya, akan berpengaruh secara langsung terhadap aktivitas belajar peserta didik. Warna cerah cenderung menampilkan kesenangan, optimis sedangan warna redup cenderung kurang mendukung suasana belajar.
Aspek lain yang perlu diperhatikan dalam memcipatan lingkungan belajar adalah bahwa aktivitas belajaryang efektif memerlukan adanya kekayaan sumber daya dan kekayaan didalam memperoleh sumber daya tersebut, baik sumber daya manusia maupun bukan manusia. Syarat minimal lingkungan belajar yang harus dipenuhi adalah buku-buku, pamphlet, buku panduan, jurnal, flim, slide, tape recorder dan audio visual aids. Hal ini akan lebih baik jika diberikan pula televises, videotape, computer dan media lainnya.
Ada 4 faktor utama yang perlu diperhatikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi kegiatan belajar peserta didik yaitu: persiapan sarana dan kegiatan belajar, pengaturan fisik, acara pembukaan kegiatan belajar dan membangun suasana pembelajaran.
Persiapan sarana dan kegiatan belajar merupakan pemberitahuan kegiatan belajar yang disaampaikan kepada peserta didik akan memberikan dampak positif terhadap iklim belajar apabila tampilan pemberitahuan tersebut mampu memberikan semangat dan cita rasa serta harapan kepada peserta didik. Sebaliknya pemberitahuan yang tampilannya tidak menarik dan bahasanya sukar dipahami maka tidak akan mendorong semangat belajar peserta didik.
Dalam kegiatan awal pembelajaran peserta didik perlu dilibatkan didalam berbagai kegiatan misalnya ikut serta menyiapkan sarana belajar seperti penempatan OHP, LCD, computer dan sejenisnya. Kemudian diminta menulis berbagai masalah yang dihadapi atau diminta membaca buku atau diminta mengumpulkan data mengenai pekerjaan, kelompok, atau dimana mereka berada, atau diminta menyiapkan sesuatu untuk dipresentasikan. Cara seperti ini dapat menimbulkan semangat belajar.
0 komentar:
Post a Comment