Tuesday, December 16, 2014

Fungsi Pendidik Pembukaan Pembelajaran Humanistik

oleh : Afidatun Nafiah

            Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif. Pada kegiatan diskusi misalnya dalam pembukaan pembelajaran dapat dijadikan forum untuk saling berkenalan antara peserta dengan peserta didik atau antara peserta didik dengan pendidik. Dalam acara pembukaan itu dapat pula diberikan orientasi mengenai tujuan dan rencana kegiatan yang akan dilakukan, intinya adalah menekankan kepada peranan peserta didik dalam proses pendidikan yang diarahkan oleh mereka sendiri.
            Apabila jumlah peserta didik terlalu banyak dapat dibentuk kelompok-kelompok kecil dan masing-masing anggota kelompok memperkenalkan diri kepada kelompok lainnya. Dapat pula masing-masing kelompok kecil diminta mempresentasikan sesuatu yang bersifat kreatif dalam waktu kurang lebih 5 menit. Bentuk presentasi ini dapat berupa menyanyi, bercerita, atau bentuk lain yang bersiafat kreatif. Sebaliknya apabila jumlah peserta didik sedikit, masing-masing individu dapat diminta memperkenalkan diri.

            Penampilan dan sikap pendidik dapat ikut berperan di dalam menciptakan iklim belajar. Cara berpakaian cenderung akan membentuk norma terhadap semua peserta didik. Demikian pula cara mendengarkan pembicaraan peserta didik akan berperan pula dalam membentuk norma peserta didik didalam mendengarkan pembicaraan temen-temannya. Sikap pendidik terhadap peranannya juga cepat sekali menular pada peserta didik. Jika pendidik dalam menjawab pertanyaan peserta didik bersifat defensive dan mengajak peserta lain untuk urunan pendapat dalam menjawab pertanyaan tersebut, maka peranan dia dalam hubungannya dengan peserta didik bertindak sebagai pencari jawab bersama. Sebaliknya apabila pendidik selalu menjawab pertanyaan peserta didik maka dapat mengakibatkan kecenderungan peserta didik untuk selalu tergantung pada pendidik. Keadaan seperti ini sesungguhnya lebih berarti apabila peserta didik sendiri yang melakukan pencarian jawaban terhadap pertanyaan. Sikap pendidik yang bersikap mengejek atau kurang menghormati keberadaan peserta didik juga akan dapat menimbulkan gangguan dalam menjalin hubungan dengan peserta didik.

0 komentar:

Post a Comment