oleh : Afidatun Nafiah
Ada
beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam menciptakan iklim belajar
yang kondusif. Pada kegiatan diskusi misalnya dalam pembukaan pembelajaran dapat
dijadikan forum untuk saling berkenalan antara peserta dengan peserta didik
atau antara peserta didik dengan pendidik. Dalam acara pembukaan itu dapat pula
diberikan orientasi mengenai tujuan dan rencana kegiatan yang akan dilakukan,
intinya adalah menekankan kepada peranan peserta didik dalam proses pendidikan
yang diarahkan oleh mereka sendiri.
Apabila
jumlah peserta didik terlalu banyak dapat dibentuk kelompok-kelompok kecil dan
masing-masing anggota kelompok memperkenalkan diri kepada kelompok lainnya.
Dapat pula masing-masing kelompok kecil diminta mempresentasikan sesuatu yang
bersifat kreatif dalam waktu kurang lebih 5 menit. Bentuk presentasi ini dapat
berupa menyanyi, bercerita, atau bentuk lain yang bersiafat kreatif. Sebaliknya
apabila jumlah peserta didik sedikit, masing-masing individu dapat diminta
memperkenalkan diri.
Penampilan
dan sikap pendidik dapat ikut berperan di dalam menciptakan iklim belajar. Cara
berpakaian cenderung akan membentuk norma terhadap semua peserta didik.
Demikian pula cara mendengarkan pembicaraan peserta didik akan berperan pula
dalam membentuk norma peserta didik didalam mendengarkan pembicaraan
temen-temannya. Sikap pendidik terhadap peranannya juga cepat sekali menular
pada peserta didik. Jika pendidik dalam menjawab pertanyaan peserta didik
bersifat defensive dan mengajak peserta lain untuk urunan pendapat dalam
menjawab pertanyaan tersebut, maka peranan dia dalam hubungannya dengan peserta
didik bertindak sebagai pencari jawab bersama. Sebaliknya apabila pendidik
selalu menjawab pertanyaan peserta didik maka dapat mengakibatkan kecenderungan
peserta didik untuk selalu tergantung pada pendidik. Keadaan seperti ini
sesungguhnya lebih berarti apabila peserta didik sendiri yang melakukan
pencarian jawaban terhadap pertanyaan. Sikap pendidik yang bersikap mengejek
atau kurang menghormati keberadaan peserta didik juga akan dapat menimbulkan
gangguan dalam menjalin hubungan dengan peserta didik.
0 komentar:
Post a Comment