Tuesday, December 16, 2014

TEORI BELAJAR SEBAGAI SEBUAH PRINSIP

Oleh : Khairul Arifin

Teori pembelajaran merupakan suatu kumpulan prinsip-prinsip yang terintegrasi dan yang memberikan preskripsi untuk mengatur situasi atau lingkungan belajar sedemikian rupa sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dengan mudah. Disini lingkungan belajar sangat berpengaruh bagi perkembangan otak siswa, misal saja siswa yang sedang belajar di lingkungan yang tidak kondusif pastinya siswa tersebut lama kelamaan akan merasa jenuh untuk belajar karena banyaknya gangguan dari lingkungan tempat dia belajar. Dengan nyamannya lingkungan tempat siswa tersebut belajar maka hal ini juga berpengaruh dalam hasis yang nantinya di dapat yakni sebuah nilai yang baik atau tercapainya sebuah tujuan belajar.
Teori-teori pembelajaran ini memberikan arahan dalam pemilihan metode pembelajaran. Dengan adanya teori teori ini di harapkan mampu membantu para guru dalam menyelesaikan masalah masalah yang di hadapi ketika sedang mengajar di kelas. Dengan adanya berbagai fariasi dalam mengajar pasti akan membuat siswa menjadi nyaman dan mudah dalam menerima sebuah materi yang di sampaikan.

 Teori-teori psikologi dan teori belajar merupakan dasar pengembangan teori pembelajaran. Keterkaitan antara psikologi dengan teori belajar di antaranya adalah pemahaman guru terhadap siswa yang mengalami kendala dalam menerima pelajaran. Guru tersebut harus melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut dan menanyakan masalah seperti apa yang sedang di hadapi. Kemudian guru tersebut menentukan teori seperti apa yang harus di gunakan dalam menghadapi masalahnya tersebut.

0 komentar:

Post a Comment