Oleh
: Khairul Arifin
Teori
pembelajaran merupakan suatu kumpulan prinsip-prinsip yang terintegrasi dan
yang memberikan preskripsi untuk mengatur situasi atau lingkungan belajar
sedemikian rupa sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dengan
mudah. Disini lingkungan belajar sangat berpengaruh bagi perkembangan otak
siswa, misal saja siswa yang sedang belajar di lingkungan yang tidak kondusif
pastinya siswa tersebut lama kelamaan akan merasa jenuh untuk belajar karena
banyaknya gangguan dari lingkungan tempat dia belajar. Dengan nyamannya
lingkungan tempat siswa tersebut belajar maka hal ini juga berpengaruh dalam
hasis yang nantinya di dapat yakni sebuah nilai yang baik atau tercapainya
sebuah tujuan belajar.
Teori-teori
pembelajaran ini memberikan arahan dalam pemilihan metode pembelajaran. Dengan
adanya teori teori ini di harapkan mampu membantu para guru dalam menyelesaikan
masalah masalah yang di hadapi ketika sedang mengajar di kelas. Dengan adanya
berbagai fariasi dalam mengajar pasti akan membuat siswa menjadi nyaman dan
mudah dalam menerima sebuah materi yang di sampaikan.
Teori-teori psikologi dan teori belajar
merupakan dasar pengembangan teori pembelajaran. Keterkaitan antara psikologi
dengan teori belajar di antaranya adalah pemahaman guru terhadap siswa yang
mengalami kendala dalam menerima pelajaran. Guru tersebut harus melakukan
pendekatan terhadap siswa tersebut dan menanyakan masalah seperti apa yang
sedang di hadapi. Kemudian guru tersebut menentukan teori seperti apa yang
harus di gunakan dalam menghadapi masalahnya tersebut.
0 komentar:
Post a Comment