Thursday, December 18, 2014

METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA (bagian 2)



Oleh : Noviana Ayu Pratiwi
1102413114

Menghafal bukanlah cara yang tepat untuk menguasai Matematika. Jika memang ingin menguasai matematika harus mengenali bagaimana sebenarnya matematika itu. Terkadang memang tugas berat bagi seorang guru untuk mengenalkan matematika terhadap siswa yang memang sudah tidak gemar dengan matematika dengan alasan susah.
tugas guru memang sangat berat, dimana guru harus mampu membuat siswa paham dengan materi yang disampaikan. Tapi setidaknya akan menjadi ringan apabila guru mampu menguasai metode-metode mengajar. Masih berbicara tentang matematika, jika sebelumnya membahas tentang metode ceramah dan ekspositori yang dimana memang keduanya hampir sama tapi dalam penerapannya berbeda. Kali ini saya akan membahas secara singkat bagaimana metode demonstrasi dan metode eksperimen itu.
Melalui metode demonstrasi, guru dapat memperlihatkan suatu proses, peristiwa, atau cara kerja suatu alat kepada peserta didik. Demonstrasi dapat dilakukan berbagai cara, dari yang sekedar memberikan pengetahuan yang sudah diterima begitusaja oleh peserta didik, sampai pada cara agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah.
Agar pembelajaran dengan menggunakan metode berlangsung secara efektif dan efisien, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu: (1) melakukan perencanaan yang matang sebelum pembelajaran dimulai. Terutama siapkan fasilitas yang akan digunakan untuk kepentingan demonstrasi; (2) rumuskan tujuan pembelajaran dengan metode demonstras, dan memilih materi yang tepat untuk melakukan metode ini; (3) buatlah garis besar demonstrasi, akan lebih efektif apabila guru dan siswa sudah paham; (4) tetapkan siapa yang akan melakukan demonstrasi, guru atau siswa; (5) mulailah dengan demonstrasi yang menarik perhatian, dan ciptakan suasana yang nyaman; (6) upayakan agar semua peserta didik menjadi aktif; (7) lakukanlah evaluasi bersama siswa.
Untuk memantapkan hasil pembelajaran melalui metode demonstrasi, pada akhir pertemuan dapat diberikan tugas yang sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan.
Metode eksperimen, merupakan suatu bentuk pembelajaran yang melibatkan peserta didikyang bekerja dengan benda-benda, bahan-bahan, dan peralatan laboraterium, baik secara perorangan atau kelompok. Eksperimen  merukapan situasi pemecahan masalah yang didalamnya berlangsung pengujian hipotesis, dan terdapat variable-variabel yang dikontrol secara ketat. Hal yang diteliti dalam suatu eksperimen adalah pengaruh variable tertentu terhadap variable yang lain.
Kedua metode tersebut, menurt saya memiliki tujuan yang sama. Keduanya sama-sama melakukan praktek agar siswa paham dengan konsep dari bagian matematika. Keberhasilan suatu metode diukur dari berapa besar pemahaman yang mampu ditangkan seorang siswa. Tidak ada salahnya mencoba berbagai metode agar siswa mampu menguasai materi.

Editor   : Agus Adi R   | 1102413093

0 komentar:

Post a Comment