Thursday, December 18, 2014

Metode Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas








        Oleh : Amalia Kiki R
1102413111

     Metode ceramah plus adalh metode mengajar yang menggunakan lebih dari satu metode, metode ini juga merupakan sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa, yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi apapun itu. Serta metode ceramah juga paling efektif dalam mengatasi kelangkaan buku dan alat bantu peraga lainnya.
     Metode ceramah masih sering kita jumpai dimanapun sekolahan, baik pelosok desa ataupun kota. Memang jika ditanya enakan mana pasti enak metode ceramah, karena didalamnya guru dapat menyampaikan apa saja cerita yang akan menjadi pelaran sesuai dengan materi. Namun, dengan menggunakan metode ceramah ini tidak semua mata pelajaran dapat tersampaikan dengan baik, ada juga mata pelajaran yang tidak perlu menggunakan metode ceramah, hanya point-pointnya saja. Itu tergantung dengan kondisinya.
          Pelaksanaa kombinasi metode ini yaitu, pertama penyampaian materi oleh guru kepada siswa, kedua pemberian peluang atau waktu kepada siswa untuk bertanya jawab kepada guru, dan ketiga yaitu pemberian tugas.
          Dengan adanya tanya jawab, guru dapat melihat seberapa jauh perkembahan siswa dan daya serap siswa ketika memahami pelajaran. Tanya jawab juga ditukan kepada siswa untuk menjawabnya, hal ini untuk melatih siswa lebih aktif dan berfikir cepat ketika menanggapi dan menjawab pertanyaan dari temannya atau gurunya.
          Pada hakikatnya metode tanya jawab berusaha menanyakan apakah murid telah mengetahui fakta-fakta tertentu yang sudah diajarkan. Dalam hal ini pula siswa juga bermaksut ingin mengetahui tingkat-tingkat proses pemikiran murid. Dan melalui metode tanya jawab guru ingin mencari jawaban yang tepat dan factual dari muridnya.
          Metode tanya jawab dikelas tidak hanya guru saja yang senantiasa berbicara seperti halnya dengan metode ceramah. Melainkan mencakup pertanyaan-pertanyaan dan penyumbang ide-ide dari pihak siswa. Sebelumnya guru menanyakan kepada siswa, apakah siwa tersebut sudah mengerti dengan materi yang telah diajarkan ataukah belum.
          Kemudian disini guru memberikan tugas atau soal untuk diselesaikan. Guru memberikan tugas kepada agar siswa bisa memahami lebih lanjut terhadap materi yang telah disampaikan dan melatih siswa untuk bisa menyelesaikan soal-soal lainnya.

Editor   : Agus Adi R   | 1102413093

0 komentar:

Post a Comment