Oleh Sanudin Dzikri
Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas Ilmu
Pendidikan
Universitas
Negeri Semarang
Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi banyak faktor,
salah satu diantaranya adalah proses pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran yang
baik dipengaruhi oleh perencanaan yang baik pula.
Suatu perencanaan berkaitan dengan penentuan apa
yang harus dilakukan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru harus menentukan
skenario atau strategi atau biasa disebut langkah-langkah pembelajaran dengan
baik sehingga
tercipta suasana belajar yang menyenangkan bagi para siswa.
Dalam pembelajaran, guru perlu memahami kondisi
siswa dengan memberikan bimbingan dan menyediakan lingkungan belajar yang tepat
bagi siswa. Agar seorang guru dapat memberikan perlakuan mendidik yang
diharapkan, digunakan beberapa prinsip dalam pengajaran. Prinsip pengajaran
yang diberikan biasanya mengacu pada teori-teori belajar atau konsep psikologi
tertentu.
Dalam perencanaan program pengajaran, ada beberapa
hal yang perlu diperhatikan agar pelaksanaan pengajaran dapat berjalan lebih
lancar dan hasilnya dapat lebih baik, yaitu : Kurikulum, kondisi sekolah,
kemampuan dan perkembangan siswa serta keadaan guru. Apabila hal-hal tersebut
diperhatikan dan dilaksanakan maka diharapkan dapat meningkatkan mutu
pendidikan.
Dalam kenyataan perencanaan pengajaran di Indonesia
tidak jauh berbeda dengan perencanaan di sektor lain yang kesemuanya menginduk
kepada pola perencanaan Bappenas. Perencanaan pengajaran di Indonesia merupakan
suatu proses penyusunan alternatif kebijaksanaan mengatasi masalah yang akan
dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan pendidikan nasional
dengan mempertimbangkan kenyataan-kenyataan yang ada di bidang sosial ekonomi,
sosial budaya dan kebutuhan pembangunan secara menyeluruh terhadap pendidikan
nasional. Definisi ini memperlihatkan suatu tanggung jawab pendidikan yang
besar sebagai bagian integral dari pembangunan bangsa.
Suatu perencanaan berkaitan dengan penentuan apa
yang akan dilakukan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru harus menentukan
skenario atau strategi atau biasa disebut langkah-langkah pembelajaran dengan
baik sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan bagi para siswa.
Agar pelaksanaan proses pembelajaran berjalan secara
efektif dan efisien maka diperlukan suatu perencanaan yang tersusun secara
sistematis. Agar terjadi keaktifan peserta didik dalam pembelajaran diperlukan
proses belajar mengajar yang lebih bermakna dan dirancang dalam suatu skenario
yang jelas.
Banyak cara atau bentuk pembelajaran yang dilakukan
guru dalam proses belajar mengajar di kelas, misalnya dengan menekankan
latihan, hafalan, pengulangan, pemahaman dan sebagainya. Cara atau bentuk
pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sebenarnya mengacu pada suatu teori
atau konsep psikologi tertentu.
0 komentar:
Post a Comment