Wednesday, December 24, 2014

Belajar dari Sudut Pandang Teori Kognitif

Oleh : Arrum Dian W.            
Belajar menurut pandangan dari teori belajar kognitif merupakan aktifitas yang memerlukan proses berfikir yang sangat kompleks. Di dalam belajar tidak hanya memandang hubungan dari stimulus dan respon, seperti yang dikatakan oleh kaum behavioristik. Menurut model belajar kognitif belajar merupkan perubahan persepsi dan pemahaman tentang situasi yang berhubungan dengan proses belajarnya, dan pemahaman yang didapat dari proses belajar tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang nampak. Teori kognitif juga menekankan pada bagian-bagian dari sebuah situasi yang saling berhubungan. Menurut teori kognitif cara belajar yang membagi situasi/ materi menjadi suatu komponen yang kecil akan menghilangkan makna yang ada.
Teori belajar kognitif memandang bahwa belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan aspek-aspek lainya. Teori belajar kognitif menerangkan belajar dengan cara fokus pada perubahan proses jiwa dan struktur yang terjadi sebagai akibat dari usaha untuk memahami kehidupan. Teori belajar kognitif di pakai untuk menerangkan suatu tugas yang sederhana misalnya sepertin mengingat nomor telepon, bisa juga untuk memecahkan hal yang kompleks.
Terdapat empat prinsip sebagai dasar acuan didalam pembelajaran dari teori ini, yang pertama yaitu pembelajar aktif dalam usaha untuk memahami pengalaman, yang kedua pemahaman bahwa murid akan meningkatkan tetapi tergantung pada apa yang telah diketahui oleh murid tersebut, yang ketiga belajar membangun pengertian daripada catatan yang artinya kita lebih baik mendengarkan dan mengolah informasi yang kita dapat di dalam otak dari pada kita hanya mendengarkan dan menulis tetapi tidak kita olah didalam otak kita, dan yang terakhir belajar merupakan perubahan dalam struktur jiwa seseorang.

0 komentar:

Post a Comment