Oleh Darsiyah
Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Semarang
Kurikulum 2013
merupakan kurikulum yang menerapkan system tematik, yaitu system pembelajaran
terpadu. Konsep pembelajaran tematik
merupakan model pembelaajran yang dikembangkan oleh Fogarty yang
menggunakan konsep pendekatan interdisipliner yang dikembangkan oleh Jacob.
Pembelajaran tematik juga dapat
diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran
untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Keterpaduan
pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum,
dan aspek belajar mengajar. Jadi pembelajaran tematik juga bisa diartikan
sebagai pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai pemersatu
materi dalam beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali pertemuan.
Model
pembelajaran tenatik ada 3 yaitu :
1. Model
hubungan/terkait (connected model) Pada model pembelajaran ini ciri utamanya
adalah adanya upaya untuk menghubungkan beberapa materi (bahan kajian) ke dalam
satu disiplin ilmu. Sebuah model penyajian yang menghubungkan, materi satu
dengan materi yang lain. Menghubungkan tugas/keterampilan yang satu dengan
tugas/ketrampilan yang lain. Keunggulan model ini, peserta didik memperoleh
gambaran yang menyeluruh tentang sebuah konsep, sehingga transfer pengetahuan
lebih mudah dilakukan karena konsep pokok dikembangkan secara terus menerus.
2.
Model jaring
laba-laba (webbed model) Model pembelajaran ini diawali dengan pemilihan tema.
Setelah tema ditentukan dilanjutkan dengan pemilihan sub-sub tema dengan
memperhatikan keterkaitannya antar mata pelajaran. Aktivitas belajar siswa
direncanakan berdasarkan sub-sub tema yang sudah ditentukan. Keuntukan model
pembelajaran ini bagi peserta didik adalah diperolehnya pandangan secara utuh
tentang kegiatan dari ilmu yang berbeda-beda.
3. Model
terpadu (integrated model) Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan antar
mata pelajaran yang dipadukan. Beberapa mata pelajaran dicari konsep, sikap,
dan ketrampilan yang tumpang tindih dipadukan menjadi satu. Kegiatan guru
pertama menyeleksi konsep, nilai-nilai dan ketrampilan yang memiliki
keterkaitan erat satu sama lain dari berbagai mata pelajaran. Keuntungan medel
pembelajaran ini bagi peserta didik adalah lebih mudah mengaitkan materi
pembelajaran dari berbagai mata pelajaran. Model inilah yang dikembangkan
sebagai pembelajaran tematik terpadu di kurikulum 2013.






0 komentar:
Post a Comment