Wednesday, November 26, 2014

Model Pembelajaran Tematik

Oleh Darsiyah
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menerapkan system tematik, yaitu system pembelajaran terpadu. Konsep pembelajaran tematik  merupakan model pembelaajran yang dikembangkan oleh Fogarty yang menggunakan konsep pendekatan interdisipliner yang dikembangkan oleh Jacob.
Pembelajaran tematik juga dapat diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang  bermakna kepada siswa. Keterpaduan pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek belajar mengajar. Jadi pembelajaran tematik  juga bisa diartikan sebagai pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai  pemersatu materi dalam beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali  pertemuan.
Model pembelajaran tenatik ada 3 yaitu :
1.    Model hubungan/terkait (connected model) Pada model pembelajaran ini ciri utamanya adalah adanya upaya untuk menghubungkan beberapa materi (bahan kajian) ke dalam satu disiplin ilmu. Sebuah model penyajian yang menghubungkan, materi satu dengan materi yang lain. Menghubungkan tugas/keterampilan yang satu dengan tugas/ketrampilan yang lain. Keunggulan model ini, peserta didik memperoleh gambaran yang menyeluruh tentang sebuah konsep, sehingga transfer pengetahuan lebih mudah dilakukan karena konsep pokok dikembangkan secara terus menerus.
2.      Model jaring laba-laba (webbed model) Model pembelajaran ini diawali dengan pemilihan tema. Setelah tema ditentukan dilanjutkan dengan pemilihan sub-sub tema dengan memperhatikan keterkaitannya antar mata pelajaran. Aktivitas belajar siswa direncanakan berdasarkan sub-sub tema yang sudah ditentukan. Keuntukan model pembelajaran ini bagi peserta didik adalah diperolehnya pandangan secara utuh tentang kegiatan dari ilmu yang berbeda-beda.

3.     Model terpadu (integrated model) Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan antar mata pelajaran yang dipadukan. Beberapa mata pelajaran dicari konsep, sikap, dan ketrampilan yang tumpang tindih dipadukan menjadi satu. Kegiatan guru pertama menyeleksi konsep, nilai-nilai dan ketrampilan yang memiliki keterkaitan erat satu sama lain dari berbagai mata pelajaran. Keuntungan medel pembelajaran ini bagi peserta didik adalah lebih mudah mengaitkan materi pembelajaran dari berbagai mata pelajaran. Model inilah yang dikembangkan sebagai pembelajaran tematik terpadu di kurikulum 2013. 

0 komentar:

Post a Comment