Tuesday, November 11, 2014

Model Pembelajaran Kolaboratif

Oleh Diwan Aprillia
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

            Model pembelajaran yang satu ini merupakan kolaborasi dari beberapa model pembelajaran. Model ini adalah salah satu model yang digunakan pada kurikulum 2013. Model ini yang menjadi salah satu dasar model untuk pembelajaran dalam kurikulum 2013. Pada metode ini siswa didorong untuk mampu memiliki dan melakukan hal-hal ini :
1.        Menerima orang lain
2.        Membantu orang lain
3.        Menghadapi tantangan
4.        Bekerja dalam tim

Metode belajar yang termasuk dalam model ini adalah sebagai berikut :
1.       Teams Games Tournament (TGT)
     Merupakan metode belajar yang dikembangkan oleh Slavin yang bertujuan membantu siswa mereview dan menguasai materi pelajaran.
     Dalam TGT ini siswa mempelajari materi di ruang kelas. Siswa-siswa ditempatkan dalam satu kelompok dengan berbagai kemampuan. Dalam TGT setiap anggota kelompok ditugaskan untuk mempelajari materi terlebih dahulu bersama anggota lainnya, setelah itu mereka diuji secara individual secara akademik. Nilai mereka akan menentukan skor menentukan skor kelompok mereka masing-masing.
2.       Team Assisted Individualization (TAI)
   Merupakan metode belajar  yang berusaha mengadaptasikan pembelajarann dengan perbedaan individual siswa secara akademik. Tujuan metode ini untuk meminimalisasi pengajaran individual yang kurang efektif dan juga untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta motivasi siswa dengan belajar kelompok.
3.       Student Team Achievement Division (STAD)
       Dalam metode ini, siswa dikelompokkan berdasarkan level kemampuan akademiknya dan juga secara beragam berdasar gender, ras serta etnis agar mereka saling bekerjasama untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran. Tahap-tahap dalam metode ini diantaranya yaitu : (a) Pengajaran ; (b)Tim studi ; (c) Tes ; dan (d) Rekognisi.
4.       Numbered Head Together (NHT)
Pada dasarnya metode belajar ini merupakan variasi lain dari belajar kelompok. Tujuan metode ini untuk memberikan kesempatan siswa untuk saling berbagi gagasan ide dan  mempertimbangkan jawaban yang benar-benar paling tepat. Metode ini dapat diterapkan dalam semua mata pelajaran dan tingkatan kelas.

0 komentar:

Post a Comment