Oleh Aida
Rosmaniar
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Penerapan
CBSA sangatlah mudah ada berbagai macam teknik dalam pelaksanaannya mulai
dariPemanfaatan waktu luang di rumah oleh siswa memungkinkan dilakukanya
kegiatan belajar aktif, dengan cara menyusun rencana belajar, memilah bahan
untuk dipelajari, dan menilai penguasaan bahan sendiri.
Kita dapat menggunakan Teknik Pembelajaran individu yang
merupankan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik perbedaan
individu tiap siswa, seperti: minat abilitet, bakat, kecerdasan, dan
sebagainya. Guru dapat mempersiapkan/merencanakan tugas-tugas belajar bagi para
siswa, sedang pilihan dilakukan oleh siswa masing-masing, dan selanjutnya tiap
siswa aktif belajar secara perseorangan. Teknik lain, kegiatan belajar
dilakukan dalam bentuk kelompok, yang terdiri dari siswa yang memiliki
kemampuan, minat bakat yang sama. Dalam situasi belajar kelompok, masing-msing
anggota dapat mengajukan gagasan, pendapat, pertanyaan, jawaban, keritik dan
sebagainya. Siswa aktif berpartisipasi, berelasi dan berinteraksi satu dengan yang
lainya.
Dapat juga dengan Kegiatan tanya jawab antara guru dan
siswa, antara siswa dengan siswa, dan antara kelompok siswa dengan kelompok
lainnya memberikan peluang cukup banyak bagi setiap siswa belajar aktif. Kadar
CBSA-nya akan lebih besar jika pertanyaan-pertanyaan timbul dan diajukan oleh
pihak siswa dan dijawab oleh siswa lainnya. Guru bertindak sebagai pengatur
lalulintas atau distributor, dan dianggap perlu guru melakukan koreksi dan
perbaikan terhadap pertanyaan dan jawaban-jawaban tersebut.
Ada juga dengan teknik Belajar mandiri dalam strategi
belajar ini siswa melakukan proses mental intelektual dalann upaya memecahkan
masalah. Dia sendiri merumuskan suatu masalah, mengumpulkan data, menguji
hipotesis, dan menarik kesimpulan serta mengaplikasikan hasil belajarnya.
Selain itu ada pengajaran unit, Strategi pengajaran ini berpusat pada suatu
masalah atau suatu proyek. Pada tahap-tahap kegiatan belajar ditempuh tahap-tahap
kegiatan utama, yaitu tahap pendahuluan dimana siswa melakukan orientasi dan
perencanaan awal, tahap pengembangan dimana siswa melakukan kegiatan mencari
sendin informasi selanjumya menggunakan informasi itu dalam kegiatan praktik,
tahap kegiatan kulminasi, dimana siswa mengalami kegiatan penilaian, pembuatan
laporan dan tindak lanjut.






0 komentar:
Post a Comment