Didalam kegiatan
belajar mengajar disekolah tentunya terjadi sebuah interaksi komunikasi
memberikan informasi antara guru dengan siswa. Proses interaksi tersebut
terjadi sebuah proses pembelajaran. Belajar akan dikatakan baik jika sebuah
informasi yang disampaikan oleh pengirim informasi terhadap penerima
tersampaikan dengan sempurna. Saat penyampaian informasi tersebut tentunya guru
membutuhkan sebuah inovasi dalam penyampaiannya. Dan perlu disadari bahwa yang
kita hadapi dalam hal ini siswa adalah benda hidup dan tidak kita ketahui
sepenuhnya apakah informasi tersebut tersampaikan dengan sempurna.
Agar sebuah
informasi yang diberikan sempurna terhadap siswa tentunya guru memiliki cara
tersendiri dan harus didasari pada kaidah proses pembelajaran. Pembelajaran
berlangsung sempurna juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, siswa, sarana
dan prasarana dan bahkan guru itu sendiri harus memiliki integritas. Namun yang
paling terpenting dari semua itu adalah guru harus mengetahui teori didalam
proses pembelajaran, ini dimaksudkan agar semua informasi yang diberikan dapat
tersampaikan secara baik. Teori-teori ini akan sangat bermanfaat bagi guru dan
murid itu sendiri, karena setiap karakter siswa berbeda-beda dan disini guru
harus pandai didalam memilih teori pembelajaran yang baik dan tentunya harus
didasari pada kurikulum yang berlaku dinegaranya.
Disini akan membahas
tentang teori pembelajaran. Teori pembelajaran itu berorientasi pada penerapan
prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran
dalam usaha mencapai tujuan belajar. Sebelum membahas
lebih jauh tentang teori pembelajaran, alangkah baiknya kita ketahui bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik
dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan
yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan
pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan
pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu
peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dijalani sepanjang
hayat seorang manusia serta dapat berlaku kapanpun dan dimanapun.
Tekanan utama didalam teori pembelajaran yakni bahwa Belajar merupakan suatu kumpulan proses yang bersifat
individual, yang merubah stimuli yang datang dari lingkungan seseorang kedalam sejumlah
informasi yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan
jangka panjang. Kemampuan yang merupakan hasil belajar dapat dikategorikan
bersifat praktis dan teoritis. Kejadian-kejadian dalam pembelajaran yang
mempengaruhi proses belajar dapat dikelompokkan kedalam kategori-kategori umum,
tanpa memperhatikan hasil yang diharapkan. Teori pembelajaran akan dibagi
dengan berbagai teori-teori atau dapat dikatakan didalam teori pembelajaran
akan ada teori-teori yang dapat membantu dalam peroses pembelajaran dan
teori-teori tersebut akan kami bahas dalam tulisan berikutnya.
Writer :
Aditya Wahyo Prasetyo - 1102413112
Editor :
Hadi Noviyanto - 1102413092
Writer :
Aditya Wahyo Prasetyo - 1102413112
Editor :
Hadi Noviyanto - 1102413092






0 komentar:
Post a Comment