Belajar merupakan suatu proses yang bersifat individu yang merubah stimuli yang datang dari lingkungan seseorang yang selanjutnya dapat mengakibatkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang, namun perubahan tersebut tidak dapat dikatakan hasil belajar jika disebabkan oleh pertumbuhan atau keadaan sementara. Sedangkan pembelajaran merupakan usaha mengorganisasikan lingkungan belajar sehingga memungkinkan seseorang (peserta didik) melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar tertentu yang akan mendukung pembelajaran itu nantinya.
Kejadian-kejadian dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses belajar dapat dikelompokkan ke dalam kategori-kategori umum, tanpa memperhatikan hasil belajar yang diharapkan. Seorang pendidk, alangkah lebih baik jika mereka tidak hanya menaruh perhatian pada bagaimana peserta didik belajar, melainkan bagaimana mempengaruhi peserta didik agar terjadi kegiatan belajar yang tentunya menggunakan metode pengajaran yang optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, perlulah kiranya seorang pendidik memahami prinsip-prinsip belajar.
Prinsip belajar merupakan konsep-konsep atau metode yang harus diterapkan di dalam proses kegiatan belajar mengajar. Seorang pendidik akan dapat mendidik dengan baik apabila dapat menerapkan cara mengajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip orang belajar. Hal ini dirasa penting untuk dilakukan agar pendidik dapat mengontrol sendiri apakah tugas-tugas mengajar yang dilakukannya telah sesuai dengan prinsip-prinsip belajar yang telah dibuatnya. Alasan pentingnya pendidik memahami prinsip-prinsip belajar diantaranya:
- Membantu pendidik untuk memahami proses belajar yang terjadi di dalam diri peserta didik,
- Pendidik dapat mengerti kondisi dan factor yang mempengaruhi, memperlancar, atau menghambat proses belajar,
- Memungkinkan pendidik melakukan prediksi yang cukup akurat tentang hasil yang dapat diharapkan dari suatu aktifitas belajar.






0 komentar:
Post a Comment