Friday, January 2, 2015

Tujuan PBK (Pembelajaran Berbasis Kelas)



Melanjutkan pembahasan mengenai Pembelajaran Berbasis Kelas (PBK) pada artikel sebelumnya, saat ini kita akan membahas tujuan dari Pembelajaran Berbasis Kelas. Tujuan dari PBK ada dua, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
1.      Tujuan umum : memberikan penghargaan terhadap pencapain hasil belajar siswa atau peserta didik dan memperbaiki program kegiatan pembelajaran. Jadi Pembelajaran Berbasis Kelas diharapkan menjadi salah satu aspek penunjang evaluasi pembelajaran.

2.      Tujuan Khusus :
a.       Untuk mengetahui hasil belajar siswa
b.      Membina kegiatan belajar lebih lanjut
c.       Mengetahui tingkat kemampuan siswa
d. Menetapkan tingkat kesulitan/kemudahan untuk melaksanakan kegiatan remidial, pendalaman, atau pengayaan.
e.      Memeberikan motivasi belajar
f.       Merangsang siswa untuk melakukan pemantapan atau perbaikan
g.      Membantu pertumbuhan siswa secara efektif.

Dari beberapa tujuan yang telah disebutkan diatas, pada dasarnya untuk membantu siswa dalam melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Karena dalam setiap instansti pendidikan memerlukan hasil kegiatan belajar siswa yang sesuai ketentuan dan standar yang berlaku. Dengan memanfaatkan sistem dan tenaga pendidik yang profesional maka pendidikan yang sudah diatur dalam sebuah kurikulum itu harus lebih dimaknai oleh elemen yang terlibat dalam pendidikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan tersebut.
Ketika siswa atau peserta didik mampu mengembangkan kemampuan dirinya dan tenaga pendidik juga mampu dalam mengamati dan menilai siswa secara kongkrit maka akan berlangsung sistem pendidikan yang ada di Negara ini dengan Pembelajaran Berbasis Kelas. Inilah bentuk dari proses yang sedang digagas oleh para pemeran pendidikan yang ada di Indonesia, dengan merencanakan hal sebaik mungkin, kemudian melaksanakan secara tepat sasaran, sampai pada melakukan proses evaluasi pembelajaran.



 Author,
Rizky Ditho Hutomo

Editor,
Halimatus Syadiyah

0 komentar:

Post a Comment