Oleh : M. Albir Damara
1102413095
- Proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil. Siswa dituntut agar dapat menangkap hubungan antara pengalaman dalam belajar disekolah dengan kehidupan nyata. Dengan mengorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, bagi siswa materi itu akan berfungsi secara fungsional. Namun materi yang dipelajari menjadi lebih lama diingat dan tertanam erat di dalam memori peserta didik
- Metode pembelajaran kontekstual menganut aliran konstruktivisme, yaitu seorang siswa dituntut untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Siswa diharapkan belajar dengan melalui “mengalami” bukan “menghafal”.
- Kontekstual merupakan pembelajaran yang aktifitas peserta didik secara fisik maupun mental
- Dalam pembelajaran kontekstual, ruang kelas bukan sebagai tempat memperoleh informasi, namun sebagai tempat untuk menguji data hasil temuan peserta didik dilapangan
- Materi pembelajaran dapat ditemukan sendiri oleh peserta didik melalui proses penemuan bukan hasil pemberian dari pendidik
- Pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran kontekstual menjadi lebih bermakna dibandingkan dengan metode yang lainnya.
Dibalik keunggulan atau kelebihan dari
pembelajaran kontekstual, pasti ada kelemahannya. Berikut adalah kelemahan pembelajaran
kontekstual :
- Proses pembelajaran kontekstual memerlukan waktu yang cukup lama
- Peran guru sangat diperlukan dalam mengendalikan kelas agar suasana kelas menjadi kondusif
- Guru dapat lebih intensif dalam membimbing. Karena guru tidak lagi menjadi sumber / pusat informasi. Guru mempunyai tugas dalam mengelola kelas agar dapat bekerja secara tim demi menemukan pengetahuan dan keterampilan yang baru bagi peserta didik. Kemampuan belajar seseorang dipengaruhi oleh tingkat perkembangan dan keluasan pengalam yang dimilikinya. Peran guru bukan sebagai instruktur yang memaksakan kehendak, namun sebagai pembimbing peserta didik agar dapat belajar sesuai tahap perkembangannya
- Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menemukan sendiri ide dan mengajak peserta didik dengan menyadari dan dengan sadar menggunakan strategi pembelajaran yang mereka biasa.






0 komentar:
Post a Comment