oleh : Afidatun Nafiah
Dalam
upaya memperbaiki sistem pendidikan di sekolah dasar dan menengah di Amerika,
JA Brunner mengemukakan 4 pokok utama dalam belajar yang perlu diintegrasikan
dalam kurikulum sekolah dan pembelajaran. Ia mengemukakan bahwa dalam belajar
ada 4 hal pokok penting yang perlu diperhatikan yaitu peranan pengalaman
struktur pengetahuan, kesiapan mempelajari sesuatu, intusisi dan cara
membangkitkan motivasi belajar. Maka dalam pengajaran di sekolah Brunner
mengajukan bahwa dalam pembelajaran hendaknya mencakup :
1.
Pengalaman-pengalaman optimal untuk mau
dan dapat belajar
Pembelajaran
dalam segi peserta didik adalah membantu peserta didik dalam hal mencari
alternative pemecahan masalah. Pendidik hendaknya memberi kesempatan
sebaik-baiknya agar peserta didik memperoleh pengalaman optimal dalam proses
belajar dan meningkatkan kemauan belajar.
2.
Penstrukturan pengetahuan untuk
pemahaman optimal
•
Penyajian (mode of representative)
Penyajian
dilakukan dengan cara enaktif, ikonik dan simbolik. Cara penyajian enaktif
adalah melalui tindakan jadi bersifat manipulative.
•
Cara penyajian ikonik didasarkan atas pikiran internal
Pengetahuan
disajikan oleh sekumpulan gambar-gambar yang mewakili suatu konsep tetapi tidak
mendefinisikan sepenuhnya konsep itu.
•
Cara penyajian simbolik
Dengan
mendekati masa adolensis bagi seseorang Bahasa menjadi makin penting sebagai
suatu media berpikir. Penyajian simbolik dibuktikan oleh kemauan seseorang
lebih memperhatikan proporsisi atau pernyataan daripada objek-objek, memberikan
stuktur hirarkis pada konsep-konsep dan memungkinkan alternative dalam suatu
cara kombinatorial.
•
Ekonomis
Dalam
penyajian suatu pengetahuan akan dihubungkan dengan sejumlah informasi yang
dapat disimpan dalam pikiran dan diproses untuk mencapai pemahaman. Makin
banyak jumlah informasi yang harus dipelajari peserta didik untuk memahami
sesuatu, makin banyak langkah-langkah yang harus ditempuh.
•
Kekuatan
Kuasa
dari suatu penyajian dapat juga diartikan sebagai kemampuan penyajian itu untuk
menghubung-hubungkan hal-hal yang kelihatannya sangat terpisah-pisah.
3.
Perincian urutan penyajian materi
pelajaran
0 komentar:
Post a Comment