Wednesday, December 17, 2014

Teori Pembelajaran Berdasarkan Prinsip Belajar


Oleh : Khairul Arifin


Menurut pendapat seorang ahli dalam biadang teori pembelajaran, Bugelski mengidentifikasi beberapa prinsip dasar yang dapat digunakan para pendidik, yaitu :

1. Untuk belajar siswa harus memiliki perhatian dan responsif terhadap materi yang dipelajari. Jadi seorang siswa pun harus mendapat perhatian yang cukup dari seorang guru. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh dalam kepribadian siswa, misal saja siswa yang mendapat nilai buruk namun kurang mendapat perhatian dari gurunya. Lama kelamaan siswa tersebut akan malah untuk belajar dan menganggap gurunya tidak peduli dengan apa yang di lakukannya.

2. Semua proses belajar memerlukan waktu. Mencari ilmu memang bukan hal yang singkat, namun bukan menjadi masalah bagi kita jika memang sudah niat untuk mencari ilmu. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”.

3. Di dalam diri seseorang yang sedang belajar selalu terdapat alat pengatur internal yang dapat mengontrol motivasinya serta menentukan sampai sejauh mana dan dalam bentuk apa seseorang akan bertindak dalam suatu situasi tertentu. Motivasi kadang memang bisa mempengaruhi kondisi seseorang karena keinginan yang sudah bulat dan di tambah dengan kata pendorong semangat pasti akan sangat menambah daya keingin majuan seseorang.



4. Perlu adanya kesamaan antara situasi belajar dengan pengalaman-pengalaman di dalam kehidupan nyata. Dunia imajinasi sangat membantu kita untu mengekspresikan diri ke dunia yang berbeda. Kita juga harus pandai dalam mengontrol imajinasi kita karena imajinasi yang terlalu tinggi itu baik tapi jika tidak bisa telakasna akan menimbulkan dampak tersendiri.

0 komentar:

Post a Comment