Penilaian sumatif merupakan salah satu
kategori penilaian kelas, yang berfungsi bagi guru untuk mengetahui capaian
kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran,
sehingga data yang diperoleh dari hasil tes tersebut dapat dijadikan sebagai
dasar pengambilan keputusan.
Penilaian sumatif merupakan jenis
penialaian yang orientasinya pengumpulan informasi tentang pembelajaran pada
rentang waktu tertentu atau pada akhir suatu unit pelajaran. Penilaian sumatif
dialakukan pada akhir semester atau unit instruksional untuk menilai kualitas
dan kuantitas akhir pencapaian belajar siswa atau kesuksesan dari program
instruksional (Weeben, dkk, 2012).
Terdapat beberapa kelebihan dan
kekurangan dari jenis penilaian ini. Penilaian jenis ini sangat menguntungkan
bagi siswa yang memperoleh prestasi tinggi dalam hal motivasi, namun sebaliknya
bagi siswa yang memperoleh prestasi rendah akan memiliki motivasi rendah,
berupa rasa pesimis.
Author
A. Niam Ibna Riza






0 komentar:
Post a Comment