Monday, December 22, 2014

Penerapan Penggunaan PAN dan PAP


 

    Pendekatan PAN dapat digunakan untuk semua mata pelajaran, dari mulai yang paling teoritis (penuh dengan materi kognitif) hingga praktis (penuh dengan materi keterampilan). 
      Pendekatan PAP tidak berorientasi pada “apa adanya”, tidak semata-mata memepergunakan angka-angka yang dihasilkan oleh kelompok yang diuji, melainkan menetapkan kriteria keberhasilan terlebih dahulu, yaitu “kriteria kelulusan”. Guru tidak begitu saja membiarkan siswanya menjalani sendiri proses belajarnya, tetapi harus terus menerus secara langsung maupun tidak langsung merangsang dan memeriksa kemajuan belajar siswa, serta membantunya melewati berbagai tahap hingga berhasil. Bentuk dari kegiatan PAP dikenal dengan formatif tes dan sumatif tes.
     PAP menekankan bukan hanya dari segi mutu hasil belajar siswa, namun juga segi banyaknya siswa yang berhasil. Sebanyak mungkin siswa dirangsang dan dibantu untuk mencapai penguasaan kompetensi yang telah ditentukan.


Author
A. Niam Ibna Riza

0 komentar:

Post a Comment