Wednesday, December 31, 2014

Manfaat Teori Pembelajaran dalam Pembelajaran Konvensional

oleh : Hanifa Indriana
Proses pendidikan merupakan hal yang sangat kompleks, yang didalamnya terlibat banyak unsur yang saling terkait, mulai dari guru, siswa, sarana, metode, strategi, media dan lain-lain. Bicara tentang pembelajaran konvensional, maka tidak bisa lepas dari peran seorang guru dalam mengelola kelas. Dalam hal ini, guru dituntut untuk mengetahui cara yang mempermudah siswa untuk belajar, salah satunya dengan memanfaatkan teori belajar. 
Dengan mengetahui teori belajar diharapkan dapat membantu guru untuk mengembangkan potensi siswa, dan memberikan cara-cara yang tepat untuk mengatasi perbedaan atau keanekaragaman kemampuan, sifat dan perilaku siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu, teori pembelajaran sangantlah penting dalam proses pembelajaran konvensional di kelas yang melibatkan guru sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar.
Teori pembelajaran secara umum memiliki 3 fungsi yang berbeda namun   saling terkait dengan erat. Fungsi – fungsi tersebut ialah :
1.      Teori pembelajaran adalah suatu pendekatan pada bidang pengetahuan; cara menganalisis, membicarakan dan meneliti pembelajaran. Teori pembelajaran berfungsi menggambarkan sudut pandang peneliti mengenai aspek-aspek pembelajaran yang paling bernilai untuk dipelajari, variabel-variabel independen yang harus dimanipulasi dan variabel-variabel dependen yang harus dikaji, teknik – teknik penelitian yang hendak digunakan, dan bahasa apa yang harus digunakan untuk mendekripsikan temuan-temuannya.
2.      Teori pembelajaran berupaya meringkas sekumpulan besar pengetahuan mengenai hukum-hukum pembelajaran ke dalam ruang yang cukup kecil.
3.      Teori pembelajaran secara kreatif berupaya menjelaskan apa itu pembelajaran   dan mengapa pembelajaran berlangsung seperti adanya hukum-hukum menunjukkan bagaimana pembelajaran terjadi teori-teori berupaya menunjukan menyapa pembelajaran terjadi.
 Jadi, teori pembelajaran berupaya menghasilkan pemahaman pokok tersebut yang merupakan salah satu tujuan khusus pengetahuan dan juga bentuk-bentuk kegiatan ilmiah lainya. Teori berupaya merepresentasikan upaya terbaik manusia untuk memastikan struktur apa yang melandasi dunia tempat kita hidup.
Penerapan dari beberapa teori belajar sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran konvensional (di dalam kelas), diantaranya yaitu :
1.      Membantu guru untuk memahami bagaimana siswa belajar,
2.      Membimbing guru untuk merancang dan merencanakan proses pembelajaran,
3.      Memandu guru untuk mengelola kelas
4.      Membantu guru untuk mengevaluasi proses, perilaku guru sendiri serta hasil belajar siswa yang telah dicapai
5.      Membantu proses belajar lebih efektif, efisien dan produktif
6.      Membantu guru dalam memberikan dukungan dan bantuan kepada siswa sehingga dapat
7.      mencapai hasil prestasi yang maksimal.
Implikasi perkembangan teori pembelajaran sekarang sangat bervariasi dan lebih inovatif. Pendidik dapat menerapkan menurut aliran-aliran teori tertentu. Seperti teori behavioristik dalam pembelajaran guru memperhatikan tujuan belajar dan karakteristik siswa.

0 komentar:

Post a Comment