oleh : Hanifa Indriana
Proses
pendidikan merupakan hal yang sangat kompleks, yang didalamnya terlibat banyak
unsur yang saling terkait, mulai dari guru, siswa, sarana, metode, strategi,
media dan lain-lain. Bicara tentang pembelajaran konvensional, maka tidak bisa
lepas dari peran seorang guru dalam mengelola kelas. Dalam hal ini, guru
dituntut untuk mengetahui cara yang mempermudah siswa untuk belajar, salah
satunya dengan memanfaatkan teori belajar.
Dengan
mengetahui teori belajar diharapkan dapat membantu guru untuk mengembangkan
potensi siswa, dan memberikan cara-cara yang tepat untuk mengatasi perbedaan
atau keanekaragaman kemampuan, sifat dan perilaku siswa dalam proses belajar.
Oleh karena itu, teori pembelajaran sangantlah penting dalam proses
pembelajaran konvensional di kelas yang melibatkan guru sebagai pengajar dan
siswa sebagai pelajar.
Teori
pembelajaran secara umum memiliki 3 fungsi yang berbeda namun saling terkait dengan erat. Fungsi – fungsi
tersebut ialah :
1. Teori pembelajaran adalah suatu pendekatan pada bidang
pengetahuan; cara menganalisis, membicarakan dan meneliti pembelajaran. Teori
pembelajaran berfungsi menggambarkan sudut pandang peneliti mengenai aspek-aspek
pembelajaran yang paling bernilai untuk dipelajari, variabel-variabel
independen yang harus dimanipulasi dan variabel-variabel dependen yang harus
dikaji, teknik – teknik penelitian yang hendak digunakan, dan bahasa apa yang
harus digunakan untuk mendekripsikan temuan-temuannya.
2. Teori pembelajaran berupaya meringkas sekumpulan besar
pengetahuan mengenai hukum-hukum pembelajaran ke dalam ruang yang cukup kecil.
3. Teori pembelajaran secara kreatif berupaya menjelaskan apa
itu pembelajaran dan mengapa
pembelajaran berlangsung seperti adanya hukum-hukum menunjukkan bagaimana
pembelajaran terjadi teori-teori berupaya menunjukan menyapa pembelajaran
terjadi.
Jadi, teori pembelajaran berupaya menghasilkan
pemahaman pokok tersebut yang merupakan salah satu tujuan khusus pengetahuan
dan juga bentuk-bentuk kegiatan ilmiah lainya. Teori berupaya merepresentasikan
upaya terbaik manusia untuk memastikan struktur apa yang melandasi dunia tempat
kita hidup.
Penerapan
dari beberapa teori belajar sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran
konvensional (di dalam kelas), diantaranya yaitu :
1. Membantu guru untuk memahami bagaimana siswa belajar,
2. Membimbing guru untuk merancang dan merencanakan proses
pembelajaran,
3. Memandu guru untuk mengelola kelas
4. Membantu guru untuk mengevaluasi proses, perilaku guru
sendiri serta hasil belajar siswa yang telah dicapai
5. Membantu proses belajar lebih efektif, efisien dan produktif
6. Membantu guru dalam memberikan dukungan dan bantuan kepada
siswa sehingga dapat
7. mencapai hasil prestasi yang maksimal.
Implikasi
perkembangan teori pembelajaran sekarang sangat bervariasi dan lebih inovatif.
Pendidik dapat menerapkan menurut aliran-aliran teori tertentu. Seperti teori
behavioristik dalam pembelajaran guru memperhatikan tujuan belajar dan karakteristik
siswa.
0 komentar:
Post a Comment