Oleh : Amalia Kiki R
1102413111
Metode
ceramah sering digunakan diberbagai sekolah dan berbagai tingkatan. Karena
dengan metode ini guru dapat menjelaskan secara panjang lebar dari pelajaran
tersebut. Metode ceramah juga merupakan solusi mudah untuk digunakan oleh guru
selain dengan alat bantu yang ada. Tanpa menggunakan bantuan alat lain, metode
ini dapat tersampaikan oleh guru dengan baik dan diterima dengan baik pula
kepada siswa.
Metode
ini dapat menjadi pemulaan pembelajaran baik yang digunakan oleh guru. Metode
ceramah memiliki kelebihan dan kelemahan. Bagaimanapun caranya dalam
pelaksanaan metode ini harus diperhitungkan kemampuan guru dalam menguasainya. Factor
yang sering muncul ketika menggunakan metode ceramah adalah kebosanan, siswa
akan cepat mengalami kebosanan ketika guru hanya menerangkan pelajaran dengan
ceramah.Disinilah guru harus berfikir keras bagaimana mengatasi masalah
tersebut.
Percampuran
metode ceramah dengan metode lain merupakan ide yang bagus dan sering dilakukan
oleh guru selama mengajar. Hal ini bertujuan agar siswa tidak bosan dan guru
tidak monoton ketika menjelaskan. Makadari itu, ketika pelaksanaan metode
ceramah harus diselingi dengan metode-metode yang lainnya.
Misalsaja,
kombinasi dengan tanya jawab, diskusi, presentasi, memberi tugas, dan lainnya.
Kombinasi ini membuat siswa sedikit tidak jenuh ketika belajar. Tapi, tetap
pada kemampuan penguasaan yang guru miliki. Jika guru dapat menghendle kelas,
pasti mudah mengahadapi siswa dan mengkombinasikan metode ceramah dengan
metode-metode lain semudah mungkin.
Seiring
berkembangnya jaman, dengan berbagai alat bantu pembelajaran yang ada, metode
ceramah masih sering digunakan guru untuk menyampaikan pelarannya. Karena
dengan menggunakan metode ceramah guru merasa puas ketika mengajarkan kepada
siswanya. Pernah dengar jika pembelajaran dikelas kurang puas jika guru tidak
menjelaskan pelajaran dengan ceramah atau cerita. Mungkin dengan cerita yang
guru sampaikan dapat mempercepat ingatan siswa dan daya serap siswa mudah
diingat. Berbeda dengan halnya alat bantu pembelajaran tanpa ada penjelasan
dari guru, akan terasa asing oleh otak siswa ketika menyerap ilmunya.
Editor : Agus Adi R | 1102413093
0 komentar:
Post a Comment