Oleh Muhammad Toriq
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri
Semarang
Penyusunan program pengajaran bertujuan
agar pelaksanaan pengajaran berjalan lebih lancar dan hasilnya lebih baik.
Kurikulum, terutama perangkat pembelajarannya menjadi acuan utama di dalam
penyusunan atau perencanaan suatu program pengajaran, namun kondisi sekolah dan
lingkungan sekitar, kondisi siswa dan guru merupakan hal-hal penting yang juga
perlu diperhatikan
1.
Kurikulum
Dalam perencanaan atau
penyusunan suatu program pengajaran, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah
kurikulum terutama perangkat pembelajarannya. Dalam perangkat pembelajaran
telah tercantum Standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, tujuan
pembelajaran, indikator serta alokasi waktu untuk mengajar materi tersebut.
Dalam penyusunan program semester, rincian standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang akan diberikan, perlu juga memperhatikan waktu yang tersedia. Jika
waktu yang tersedia cukup banyak maka indikator yang akan disampaikan dapat
lebih banyak, tetapi jika waktu sedikit maka indikator yang akan diberikan
dibatasi. Demikian juga pada waktu menyusun bahan ajar dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), luasnya bahan dan banyaknya aktivitas belajar
perlu disesuaikan dengan waktu yang tersedia.
2.
Kondisi Sekolah
Perencanaan program
pengajaran juga perlu memperhatikan keadaan sekolah, terutama tersedianya
sarana-prasarana dan alat bantu pelajaran, karena keduanya menjadi pendukung
terlaksananya berbagai aktivitas belajar siswa.
Guru tidak mungkin
melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam praktek menggunakan komputer
apabila di sekolah itu tidak tersedia computer. Demikian juga halnya guru tidak
mungkin menyuruh siswa-siswa mengadakan pengamatan terhadap tanaman, jika di
sekolah/ sekitar sekolah tidak ada taman
3.
Kemampuan dan perkembangan siswa
Dalam program pengajaran,
baik program semester maupun program mingguan/harian dapat dipandang sebagai
suatu skenario tentang apa yang harus dipelajari siswa dan bagaimana
mempelajarinya. Agar materi dan cara belajar ini sesuai dengan kondisi siswa,
maka penyusunan program rencana pembelajaran perlu disesuaikan dengan kemampuan
dan perkembangan siswa. Keluasan dan kedalaman materi pelajaran serta aktivitas
belajar yang direncanakan guru perlu disesuikan dengan kemampuan dan
perkembangan siswa. Secara umum, siswa dalam satu kelas terbagi atas tiga
kelompok, yaitu kelompok pandai atau cepat belajar, sedang dan kelompok kurang
atau lambat belajar. Bagian yang terbanyak adalah yang kelompok sedang, maka
penyusunan materi hendaknya menggunakan kriteria sedang ini. Untuk mengatasi variasi
pengetahuan siswa, maka guru perlu menggunakan metode atau strategi mengajar
yang bervariasi pula.
4.
Keadaan Guru
Guru dituntut memiliki
kemampuan dalam segala hal yang berkenaan dengan pelaksanaan pendidikan dan
pengajaran. Kalau pada suatu saat seorang guru memiliki kekurangan, maka ia
dituntut untuk segera belajar/ meningkatkan kemampuan dirinya. Bagi guru-guru
yang masih sangat sedikit pengalaman mengajarnya, perlu mendapat perhatian
dengan diikutkan dalam pelatihan-pelatihan sehingga kemampuannya dapat
ditingkatkan.






0 komentar:
Post a Comment