Monday, October 6, 2014

Model Induktif Kata Bergambar

Oleh Mubashiroh
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
            Model Induktif Kata Bergambar adalah sebuah panduan praktis untuk pelajar bahasa pengajaran awal dari segala usia. Dimulai dengan apa yang siswa sudah tahu dan menghormati kemampuan mereka untuk berpikir. Dalam penarapan model ini, memungkinkan siswa untuk mendengar kata-kata diucapkan dengan benar beberapa kali dan mengembangkan pandangan-kata kosakata. Model Induktif Kata Bergambar  dirancang untuk memungkinkan siswa untuk segera sukses sebagai pembelajar bahasa.
            Model Induktif Kata Bergambar adalah sebuah penyelidikan berorientasi strategi seni bahasa yang menggunakan gambar yang berisi benda-benda asing dan tindakan untuk memperoleh kata-kata dari mendengarkan anak-anak dan berbicara kosakata. Penggunaan model ini cocok diterapkan pada anak-anak semua tingkatan di sekolah dasar karena akan mempermudah pembelajaran. Model induktif kata bergambar cocok diterapkan dalam pembelajaran di kelas juga pembelajaran individu. Guru dapat menggunakan model ini dengan kelas secara keseluruhan, kelompok-kelompok kecil atau individu. Karena penerapan model induktif kata bergambar ini dirancang untuk siswa supaya bisa berpikir secara induktif (dari umum ke khusus). Penerapan model dengan kelas, kelompok-kelompok kecil, dan individu untuk memimpin mereka ke bertanya tentang kata-kata, menambahkan kata-kata untuk melihat-membaca dan menulis mereka kosa kata, menemukan prinsip fonetik dan struktural, dan menggunakan observasi dan analisis dalam studi mereka membaca, menulis , memahami, dan menulis.
            Model induktif kata bergambar ini memungkinkan mereka untuk membangun generalisasi yang membentuk dasar struktural dan analisis fonetik-dan menghormati kemampuan mereka untuk berpikir. Dengan demikian, prinsip utama dari model ini adalah bahwa siswa memiliki kemampuan untuk membuat generalisasi yang dapat membantu mereka untuk menguasai konvensi bahasa. Langkah-langkah Model Induktif Kata Bergambar :
1.        Memilih gambar.
2.        Mintalah siswa mengenali apa yang mereka lihat dalam gambar.
3.        Tandai bagian gambar yang diidentifikasi. (Gambar garis dari objek atau daerahyang diidentifikasi, mengucapkan kata, menulis kata, meminta siswa untuk mengeja kata keras dan kemudian mengucapkannya).
4.        Membaca dan meninjau grafik gambar kata dengan suara keras.
5.        Mintalah siswa untuk membaca kata-kata (menggunakan garis-garis pada grafik jika perlu) dan untuk mengklasifikasikan kata-kata ke dalam berbagai kelompok. Identifikasi konsep umum (misalnya, mulai konsonan, kata-kata berima) untuk menekankan dengan seluruh kelas.
6.        Membaca dan meninjau grafik gambar kata (mengucapkan kata, mengejanya, mengatakannya lagi).
7.        Tambahkan kata-kata, jika diinginkan, dengan grafik gambar dan kata ke bank kata.
8.        Mengarahkan siswa untuk menciptakan sebuah judul untuk bagan kata gambar. Mintalah siswa memikirkan mengenai informasi tentang grafik dan apa yang ingin mereka katakan tentang hal itu.
9.        Mintalah siswa untuk menghasilkan sebuah kalimat, kalimat, atau paragraf tentang bagan kata gambar. Mintalah siswa untuk mengklasifikasikan kalimat, model yang menempatkan kalimat menjadi paragraf yang baik.
10.  Membaca dan meninjau kalimat dan paragraph

0 komentar:

Post a Comment