Oleh Mubashiroh
Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Semarang
Model
Induktif Kata Bergambar adalah sebuah panduan praktis untuk pelajar bahasa
pengajaran awal dari segala usia. Dimulai dengan apa yang siswa sudah tahu dan
menghormati kemampuan mereka untuk berpikir. Dalam penarapan model ini,
memungkinkan siswa untuk mendengar kata-kata diucapkan dengan benar beberapa
kali dan mengembangkan pandangan-kata kosakata. Model Induktif Kata Bergambar
dirancang untuk memungkinkan siswa untuk segera sukses sebagai pembelajar
bahasa.
Model
Induktif Kata Bergambar adalah sebuah penyelidikan berorientasi strategi seni bahasa
yang menggunakan gambar yang berisi benda-benda asing dan tindakan untuk
memperoleh kata-kata dari mendengarkan anak-anak dan berbicara kosakata.
Penggunaan model ini cocok diterapkan pada anak-anak semua tingkatan di sekolah
dasar karena akan mempermudah pembelajaran. Model induktif kata bergambar cocok
diterapkan dalam pembelajaran di kelas juga pembelajaran individu. Guru dapat
menggunakan model ini dengan kelas secara keseluruhan, kelompok-kelompok kecil
atau individu. Karena penerapan model induktif kata bergambar ini dirancang
untuk siswa supaya bisa berpikir secara induktif (dari umum ke khusus).
Penerapan model dengan kelas, kelompok-kelompok kecil, dan individu untuk
memimpin mereka ke bertanya tentang kata-kata, menambahkan kata-kata untuk melihat-membaca
dan menulis mereka kosa kata, menemukan prinsip fonetik dan struktural, dan
menggunakan observasi dan analisis dalam studi mereka membaca, menulis ,
memahami, dan menulis.
Model
induktif kata bergambar ini memungkinkan mereka untuk membangun generalisasi
yang membentuk dasar struktural dan analisis fonetik-dan menghormati kemampuan
mereka untuk berpikir. Dengan demikian, prinsip utama dari model ini adalah
bahwa siswa memiliki kemampuan untuk membuat generalisasi yang dapat membantu
mereka untuk menguasai konvensi bahasa. Langkah-langkah Model Induktif Kata Bergambar :
1.
Memilih
gambar.
2.
Mintalah
siswa mengenali apa yang mereka lihat dalam gambar.
3.
Tandai
bagian gambar yang diidentifikasi. (Gambar garis dari objek atau daerahyang
diidentifikasi, mengucapkan kata, menulis kata, meminta siswa untuk mengeja
kata keras dan kemudian mengucapkannya).
4.
Membaca
dan meninjau grafik gambar kata dengan suara keras.
5.
Mintalah
siswa untuk membaca kata-kata (menggunakan garis-garis pada grafik jika perlu)
dan untuk mengklasifikasikan kata-kata ke dalam berbagai kelompok. Identifikasi
konsep umum (misalnya, mulai konsonan, kata-kata berima) untuk menekankan
dengan seluruh kelas.
6.
Membaca
dan meninjau grafik gambar kata (mengucapkan kata, mengejanya, mengatakannya
lagi).
7.
Tambahkan
kata-kata, jika diinginkan, dengan grafik gambar dan kata ke bank kata.
8.
Mengarahkan
siswa untuk menciptakan sebuah judul untuk bagan kata gambar. Mintalah siswa
memikirkan mengenai informasi tentang grafik dan apa yang ingin mereka katakan
tentang hal itu.
9.
Mintalah
siswa untuk menghasilkan sebuah kalimat, kalimat, atau paragraf tentang bagan
kata gambar. Mintalah siswa untuk mengklasifikasikan kalimat, model yang
menempatkan kalimat menjadi paragraf yang baik.
10. Membaca
dan meninjau kalimat dan paragraph






0 komentar:
Post a Comment