Saturday, October 11, 2014

PRINSIP PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Oleh Annisa Tri Wahyuningsih
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa prinsip penting yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah (1) menerapkan pendekatan system, (2) menggunakan sumber belajar seluas mungkin yaitu pesan, (3) tegas dalam berfikir, menghindari kelupaan dan kekhilafan.
Menurut Sagala, apabila Seorang guru yang ingin melibatkan diri dalam suatu kegiatan perencanaan, harus mengetahui prinsip-prinsip perencanaan yang meliputi:
1.          Menetapkan apa yang mau dilakukan oleh guru, kapan dan bagaimana cara melakukannya dalam implementasi pembelajaran.
2.          Membatasi sasaran atas dasar tujuan intruksional khusus dan menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal melalui prosess penentuan target pembelajaran.
3.          Mengembangkan alternatif-alternatif yang sesuai dengan strategi pembelajaran.
4.          Mengumpulkan dan menganalisis iniformasi yang penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
5.          Mempersiapkan dan mengkomunikassikan rencana-rencana daan keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pembelajaaran kepada pihak yang berkepentingan.
Jika prinsip-prinsip perencanana tersebut terpenuhi, secara teoretik perencanaan pembelajaran itu akan memberi penegasan untuk mencapai tujuan sesuai apa yang sudah disusun.
Sedangkan berdasarkan asumsi Jumhana, prinsip dijadikan dasar dalam merancang pembelajaran, baik untuk perencanaan pembelajaran yang masih bersifat umum maupun perencanaan pembelajaran yang lebih spesifik adalah sebagai berikut:
1.        lmiah yaitu keseluruhan materi yang dikembangkan atau di rancang oleh guru termasuk kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus dan rencana pelaksanaan dan pembelajaran, harus benar dan dapat di pertanggung jawabkan secara keilmuan.
Relevan yaitu bahwa setiap materi memiliki ruang lingkup atau cakupan dan sistematikanya atau urutan penyajianya.

0 komentar:

Post a Comment