Wednesday, October 8, 2014

Teori pembelajaran : Pendekatan Modifikasi Tingkah Laku



Setiap orang pasti memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda, begitu pula dengan peserta didik. Tak banyak dari peserta didik yang tidak dapat menyembunyikan perasaannya, tak banyak dari mereka masuk ke kelas dengan wajah yang kusut dikarenakan paginya dirumah dimarahi orang tua, ada masalah dengan teman, dan lain sebagainya, yang mengakibatkan sebagian dari peserta didik tidak semangat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

Disinilah pendidik harus berperan aktif dalam melihat kondisi tersebut, pendidik harus berfikir akan melakukan metode apa untuk menemukan solusi, membuat perilaku peserta didik yang tadinya tidak semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar menjadi lebih bersemangat. Perilaku dapat diubah melalui proses belajar, yang biasa disebut dengan modifikasi perilaku.

Dalam hal ini para pendidk dapat menerapkan prinsip penguatan (reinforcement) untuk mengidentifikasi aspek-aspek situasi pendidikan yang terpenting dan mengatur kondisi pembelajaran sehingga peserta didik akan memperoleh pengakuan untuk keberhasilannya selama mereka berusaha untuk mencapai tujuan belajarnya.

Penggunaan penguatan dalam kaitannya dengan pengelolaan kelas bertujuan untuk meningkatkan perhatian dalam belajar, membangkitkan dan memelihara perilaku, menumbuhkan rasa percaya diri serta menciptakan suasana kelas yang kondusif sehingga peserta didik dapat belajar secara maksimal. Penguatan dapat berupa penguatan positif dan penguatan negatif. Penguatan positif misalnya pemberian reward untuk merespon perilaku peserta didik yang sesuai dengan harapan pendidik sehingga peserta didik tetap merasa senang mengikuti pelajaran, serta dengan harapan agar perilaku itu diteruskan. Penguatan negatif misalnya penghentian keadaan yang kurang menyenangkan sehingga peserta didik merasa terbebas dari keadaan seperti itu, dengan harapan mengurangi, meniadakan hal hal yang kurang menyenangkan.

Keberhasilan suatu penguatan (reinforcement) dilihat sampai berapa jauh penguatan itu mampu meningkatkan perubahan perilaku yang diberi penguatan itu (peserta didik). Pendidik harus jeli dalam memilih dan menerapkan penguatan-penguatan yang tepat untuk peserta didik tertentu.


Writer :
Novita Handayani - 1102413110

Editor :
Hadi Noviyanto - 1102413092

0 komentar:

Post a Comment