Oleh Cahya Aristya Buana
Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Model pembelajaran langsung atau yang dikenal dengan direct instruction ini adalah sebuah model pembelajaran yang menitik beratkan pada penguasaan konsep dan juga perubahan perilaku dengan melakukan pendekatan secara deduktif. Di sini peran dari guru memang sangat penting sebagai penyampai informasi, sehingga sudah seyogyanya seorang guru memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seperti tape recorder, film, peragaan, gambar dan sebagainya.
Adapun informasi yang disampaikan bisa berupa
pengetahuan yang sifatnya prosedural maupun pengetahuan deklaratif. Meskipun
demikian kekurangannya yaitu model pembelajaran seperti ini tidak bisa
digunakan setiap waktu dan tidak bisa di terapkan disemua tujuan pembelajaran. Dalam
sintaks model pembelajaran langsung, terapat tujuh langkah yang mana di setiap
langkah tersebut terdapat tahapan-tahapan dalam penyampaian materi. Untuk lebih
jelasnya simak berikut ini :
·
Menyampaikan
orientasi pelajaran dan tujuan pembelajaran kepada siswa.
Jadi pada tahap ini para pengajar menyampaikan beberapa hal yang harus dipelajari dan juga kinerja peserta didik yang diharapkan.
Jadi pada tahap ini para pengajar menyampaikan beberapa hal yang harus dipelajari dan juga kinerja peserta didik yang diharapkan.
·
Melakukan
review pengetahuan serta keterampilan pra-syarat.
Di sini guru akan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui keterampilan dan pengetahuan yang sudah dikuasai siswa.
Di sini guru akan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui keterampilan dan pengetahuan yang sudah dikuasai siswa.
·
Menyampaikan
materi pelajaran.
Dalam tahap ini pengajar akan menyampaikan materi dan informasi serta memberikan bimbingan dan berbagai macam contohnya.
Dalam tahap ini pengajar akan menyampaikan materi dan informasi serta memberikan bimbingan dan berbagai macam contohnya.
·
Melaksanakan bimbingan.
Jadi bimbingan ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan yang bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman peserta didik dan mencoba untuk mengoreksi kesalahan konsep yang ada.
Jadi bimbingan ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan yang bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman peserta didik dan mencoba untuk mengoreksi kesalahan konsep yang ada.
·
Memberi kesempatan untuk siswa agar terus berlatih.
Di sini guru memberi kesempatan untuk siswa agar terus melatih keterampilannya maupun menggunakan informasi yang baru secara kelompok atau individu.
Di sini guru memberi kesempatan untuk siswa agar terus melatih keterampilannya maupun menggunakan informasi yang baru secara kelompok atau individu.
·
Menilai kinerja masing-masing siswa dan memberinya umpan balik.
Dalam tahap ini seorang guru akan memberikan review terhadap segala hal yang sudah dilakukan siswa, kemudian guru akan memberi umpan balik atas respon siswa dengan benar.
Dalam tahap ini seorang guru akan memberikan review terhadap segala hal yang sudah dilakukan siswa, kemudian guru akan memberi umpan balik atas respon siswa dengan benar.
·
Memberikan latihan mandiri.
Jadi guru juga bisa memberikan tugas secara mandiri untuk para siswa guna meningkatkan pemahaman atas materi yang telah disampaikan.
Jadi guru juga bisa memberikan tugas secara mandiri untuk para siswa guna meningkatkan pemahaman atas materi yang telah disampaikan.
Di samping
itu, model pembelajaran langsung ini pada dasarnya bisa dan sangat cocok
diterapkan apabila mendapati situasi yang memungkinkan di antaranya seperti
berikut ini ; (a) Saat
guru ingin mencoba mengenalkan bidang pembelajaran baru, (b) Saat guru ingin
mencoba mengajari keterampilan kepada siswa ataupun mengajari prosedur yang
mempunyai struktur jelas, (c) Saat para siswa mendapati kesulitan yang bisa
diatasi dengan sebuah penjelasan terstruktur, (d) Saat guru ingin menyampaikan
teknik tertentu sebelum para peserta didik melakukan kegiatan praktek, dan (e) Saat
guru menginginkan para siswa tertarik akan suatu topik.
Jadi
model pembelajaran langsung memang patut diterapkan apabila sudah mendapati
beberapa kondisi seperti yang dijelaskan tersebut, sehingga proses belajar dan
penyampaian materi kepada para siswa juga bisa semakin efektif.
0 komentar:
Post a Comment