Oleh Nabela Ilma Yenisa
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Pengertian dari RPP yang
kepanjangannya Rencana
pelaksanaan pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Dalam membuat RPP terdapat
unsur-unsur yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:
- Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus
dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman
belajar yang telah dikembangkan didalam silabus
- Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan
materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan
permasalahan dan lingkungan sehari-hari
- Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang
mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
- Penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan
berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras
dengan pengembangan silabus.
Proses
pengembangan pembelajaran berkaitan dengan unsur-unsur dasar karikulum yang
juga merupakan unsur dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, yaitu tujuan
materi pelajaran, pengalaman belajar dan penilaian hasil belajar. Pengembangan
program ini merupakan suatu kesatuan yang menjelaskan adanya analisis terhadap
semua komponen yang saling terkait secara fungsional. Oleh karena itu, guru
harus mempersiapkan perangkat yang harus dilaksanakan dalam perencanaan
pembelajaran yang akan dilakukannya, antara lain : (1) Memahami kurikulum; (2)
Menguasai bahan ajar; (3) Menyusun program pengajaran; (4) Melaksanakan program
pengajaran; dan (5) Menilai program pengajaran dan hasil proses belajar
mengajar yang telah dilaksanakan. Perencanaan pembelajaran memiliki peran
penting dalam memandu guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik, yang
melayani kebutuhan belajar siswanya. Perencanaan merupakan langkah awal sebelum
proses pembelajaran berlangsung.
0 komentar:
Post a Comment